Cara Mengatasi Ayam Yang Turun Mental

Leres ayam (jatuh mental) adalah salah satu masalah utama bagi pemilik pertempuran ayam. Leres atau jatuh mental yang adalah suatu kondisi ketika ayam menjadi tidak aman dan tidak memiliki keberanian untuk melawan. Jika beranipun biasanya akan segera berjalan begitu merasakan sakit. Leres ayam bisa karena beberapa kondisi: (1) trauma kekalahan, (2) shock karena takut atau shock, dan (3) keturunan (genetik)

 

* Kekalahan Trauma

Ayam tidak pernah hilang, apalagi kalah, mungkin memiliki kondisi mental atau jatuh leres. Karena rasa sakit, ayam akan takut untuk melawan dan tidak memiliki hati atau keberanian untuk ayam lainnya.

 

* Syok karena takut atau syok

Ayam juga bisa mengalami leres karena takut atau shock. Leres karena takut bisa terjadi jika ayam mengalami kejadian dikejar binatang yang lebih besar, seperti anjing. Rata-rata leres syok biasanya terjadi karena peristiwa begitu tiba-tiba dan mengejutkan contoh kejatuhan dari cabang pohon atau kendaraan hampir memukulnya. Jika kejadian ini memang sangat menakutkan atau mengejutkan untuk ayam, akan dapat membuat hati ayam menjadi kecil dan tidak memiliki keberanian untuk melawan.

 

* Keturunan (genetik)

Leres juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan. Ada ayam yang memiliki kecenderungan hati yang lemah tertentu. Ayam seperti ini, meskipun memiliki teknik pertempuran dan postur yang baik, bola biasanya kecil dan begitu merasa sakit atau hard hit akan dijalankan.

 

Menyembuhkan ayam leres bukan pekerjaan mudah. Dibutuhkan waktu dan kesabaran dalam proses. Kegagalan dalam penanganan akan membuat proses harus dimulai dari awal atau bahkan kehilangan kesempatan sama sekali.

 

Berikut adalah tips untuk menyembuhkan ayam leres:

Tahap 1, biarkan leres ayam yang dikumpulkan oleh ayam saja. juga bisa bila dicampur dengan ayam masih kecil, yang mungkin tidak memiliki keberanian untuk melawan dengan pasien. Lakukan ini antara dua minggu sampai satu bulan, atau sampai Anda yakin ayam mulai memiliki keyakinan. Selama proses ini tidak boleh ada calon lain (meskipun lebih lemah) yang masuk ke wilayahnya. Yang perlu diperhatikan, area penyembuhan ini juga benar-benar bebas dari intimidasi ayam lain, ayam misalnya masih ada orang lain yang terlihat leres ayam meskipun wilayah dibatasi. Meskipun tidak bisa melihat tapi suara kokok terlalu keras untuk tempat terdekat, bisa membuat penyembuhan mental yang lambat.

 

Tahap 2, setelah melewati fase 1 dengan baik, langkah selanjutnya adalah memasukkan ayam lancur yang berani berkokok namun belum memiliki keberanian untuk melawan. Keberadaan ayam lancur yang secara fisik sudah besar tapi tidak berani melawan, akan membuat leres ayam menjadi lebih percaya diri. Dia akan cenderung mengejar dan mengintimidasi ayam muda.

 

Tahap 3 adalah tahap uji mental. Setelah Anda yakin fase 2 terlampaui dengan baik, Anda dapat mencoba ayam diadu dengan ayam lain yang pasti hilang. Dapat ayam muda dan lemah atau ayam secara fisik lebih lemah. Kemenangan melawan ayam musuh sangat mempengaruhi rasa percaya dirinya. Lakukan berulang-ulang dengan ayam lainnya lemah sampai benar-benar pulih kepercayaan dirinya.

 

Jika fase 3 telah dilakukan dengan baik, maka Anda perlu lakukan untuk tetap di fisik yang baik mempersiapkan pertarungan sungguhan. Banyak orang yang berpendapat bahwa leres ayam tidak dapat diambil lagi karena keturunan penakutnya akan turun ke anak-anak mereka kelak. Pendapat ini tampaknya tidak benar. leres ayam hanya bisa diambil keturunannya, kecuali leres ayam yang karena keturunan.